Senin, 11 Maret 2013

#KawalUKTUNNES


UKT (UANG KULIAH TUNGGAL)

Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nomor 97/E/KU/2013 tanggal 5 Februari 2013 yang didalamnya terdapat instruksi dari DIKTI agar perguruan tinggi Negeri di Indonesia :1. Menghapus uang pangkal bagi mahasiswa baru program S1 Reguler mulai tahun akademik 2013/2014.2. Menetapkan dan melaksanakan Tarif Uang Kuliah Tunggal bagi mahasiswa baru program S1 Reguler mulai tahun akademik 2013/2014.Dari surat edaran tersebut sangat tegas disampaikan bahwa Tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diberlakukan di seluruh universitas negeri di Indonesia tahun ajaran 2013/2014. Kebijakan UKT ini di beberapa universitas sudah diberlakukan, contoh di Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jendral Soedirman dan beberapa universitas lain di Indonesia. Begitu juga dengan Universitas Negeri Semarang yang akan segera memberlakukan kebijakan tersebut bagi mahasiswa baru angkatan 2013. Namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah masih banyak sekali mahasiswa dan calon mahasiswa baru yang belum memahami atau sama sekali belum mengetahui apa sejatinya UKT. 

UKT (Uang Kuliah Tunggal), adalah sebuah sistem baru Tarif biaya kuliah. UKT ini adalah kebijakan yang diinstruksikan oleh Dirjen DIKTI untuk diberlakukan di seluruh Universitas Negeri di Indonesia termasuk Unnes. Dalam sistem UKT ini nantinya mahasiswa baru tidak akan diminta untuk membayar uang pangkal (SPL), yang ditahun-tahun sebelumnya berkisar antara 4 sampai 15 juta. Kemudian mekanisme pembayaran biaya kuliahnya pun berbeda, dalam sistem UKT ini biaya kuliah seorang mahasiswa selama 4 tahun (8 semester) akan diakumulasi dan ditotal kemudian dibagi 8 semester, hasil dari pembagian tersebut yang nantinya harus dibayarkan oleh mahasiswa. Contoh saja, semisal akumulasi total biaya kuliah selama 4 tahun adalah 40 juta, maka 40 juta dibagi 8 semester sehingga jatuhlah pada angka 5 juta dan 5 juta inilah yang harus dibayarkan oleh setiap mahasiswa disetiap semesternya. Dan kebijakan UKT ini juga nantinya akan memungkinkan adanya perbedaan biaya kuliah antara satu fakultas dengan fakultas yang lain, hal itu dikarenakan kebutuhan dari masing-masing fakultas atau jurusan berbeda, seperti yang diberlakukan di kampus UNY baru-baru ini, untuk kelompok teknik biaya tiap semester sebesar 3,5 juta, kemudian untuk kelompok sains, kerajinan, pendidikan, ekonomi dan olahraga sebesar 3 juta, sedangkan untuk kelompok sosial 2,6 juta. 

Bagaimana dengan UKT Unnes?Mungkin di Unnes juga tidak akan jauh berbeda dengan UNY, karena memang UNNES dan UNY banyak memiliki kesamaan. Sejauh ini pihak UNNES belum mensosialisasikan terkait kebijakan ini, yang jelas statemen dari Rektor Unnes (05/022/2012) bahwa UKT akan diberlakukan tahun ini bagi angkatan baru 2013. Sistem UKT yang diberlakukan di UNNES pun sedikit berbeda, nantinya tidak ada uang pangkal, namun disetiap semesternya masing-masing mahasiswa akan dipungut biaya SPP per semester ditambah dengan harga per SKS yang diambil. Anggaplah SPP tiap semester sebesar 700 ribu kemudian SKS yang diambil 20 SKS, harga per SKS 100 ribu maka total biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa tersebut pada semester itu sebesar 2,7 juta. Sistem ini akan memungkinkan adanya perbedaan biaya kuliah antara mahasiswa satu dengan yang lain tergantung dari jumlah SKS yang diambil. Sistem ini akan memberikan keringanan bagi mahasiswa semester 7 keatas karena SKS yang diambil sudah sedikit sehingga cenderung lebih murah. Namun sekali lagi, itu semua masih dalam pembahasan dan belum ada sosialisasi secara resmi seperti apa sistem final UKT yang akan diberlakukan di UNNES dan juga berapa besaran unit cost SPP dan harga per SKS. Ketika memang sistem ini nantinya benar-benar mampu meringkankan biaya kuliah mahasiswa, maka kita wajib untuk mendukungnya dan meminta transparansi anggarannya. Tetapi ketika yang terjadi sebaliknya, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk memperjuangkan agar biaya kuliah tetap terjangkau serta transparan dalam pengelolaan anggarannya.

Oleh karena itu, ketika kita masih menginginkan adanya biaya kuliah murah dan juga transparansi anggaran dikampus kita, mari kita bersama-sama mengawal kebijakan UKT ini.!

Presiden Mahasiswa Unnes 2013/Makhmud Kuncahyo#KawalUKTUnnes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua dan Segalanya

karena sejatinya manusia hadir dunia saling berpasangan. Itulah yang Allah beritahukan kepada manusia melalui Al-Qur'an. Bahwa setiap in...